Tanaman Pucuk Berwarna putih, Kuning atau Merah


Dunia tanaman hias memiliki beragam keunikan mulai dari keunikan bentuk dari kristata, daun kriting atau cabang banyak, keunikan warna pada variegata / kimera serta keunikan pucuk putih, kuning atau merah. Keunikan pucuk putih, kuning atau merah (setelah ini akan disebut pucuk berwarna) ini dipisahkan dari variegata karena sifatnya yang tidak stabil / dapat balik ke warna asal apabila organ telah mencapai kedewasaan tertentu.

S6303705

Sebenarnya semua tanaman merupakan pucuk berwarna, hanya saja tanaman hijau pucuknya berwarna hijau pula (berwarna lebih muda). Fenomena pucuk berwarna merupakan suatu ciri khas dari tanaman yang menandakan organ tanaman itu (daun) masih muda. Dengan demikian tanaman pucuk berwarna memiliki gen yang unik dan dapat dikatakan berbeda dengan tanaman sejenis. Gen-gen ini akan mengekspresikan warna yang berbeda pada saat muda dan berubah kembali menjadi hijau ketika dewasa. Tidak ada yang aneh pada gen ini dan kemungkinan terbentuk bukan karena mutasi tetapi karena individu yang berbeda atau dapat pula dimungkinkan karena pengadaptasian terhadap lingkungan yang panjang. Bagi saya semua jawaban dikembalikan kepada sang pencipta. Namun yang pasti, tanaman pucuk berwarna merupakan fenomena unik dan menarik.

jenmanii pucuk merah

Tanaman berwarna bisa dikatakan tidak seumum dan sebanyak tanaman pucuk tidak berwarna. Namun tanaman ini dapat diperbanyak secara vegetatif dan menghasilkan tanaman yang menyerupai induknya, tidak seperti variegata yang menghasilkan keturunan yang berbeda hingga 3 kemungkinan. Tanaman berwarna ini diperbanyak dengan cara stek daun atau batang, cangkok, merunduk atau sebagainya.

Perbanyakan tanaman pucuk berwarna melalui perkawinan tidak menjamin hasil yang diperoleh menyerupai induknya, karena sifat dari perkawinan adalah memadukan kedua sifat induknya. Ekspresi genetik dari hasil perkawinan dipengaruhi oleh sifat dominan-resesif suatu gen di dalam sel. Sel dikatakan dominan apabila ekspresi gennya menutupi ekspresi gen lain sehingga ekspresi gen resesif tidak akan muncul. Seperti contoh mangga manis resesif dikawinkan dengan mangga masam dominan, maka ekspresi gen yang akan muncul pada keturunannya yaitu mangga masam. Namun tidak hanya sebatas dominan-resesif suatu gen, masih banyak yang mempengaruhi ekspresi keturunan.

Dengan informasi di atas, tanaman pucuk putih merupakan tanaman unik sehingga dalam dunia tanaman hias tanaman ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan tanaman lain. Penampilan pucuk putih sangat menarik karena secara visual terlihat perbedaan warna yang kontras, misalkan warna putih/kuning diantara hijau (zamio golden), warna kuning diantara merah (jenis puring-puringan), atau warna merah diantara hijau (Anthurium pucuk merah). Warna yang berbeda itupun tidak hanya bercak, tetapi warna keseluruhan dari daun muda (karenanya dinamakan pucuk berwarna). Hal ini berbeda dengan variegata yang umumnya menampilkan warna bercak.

DSCF3402

Berdasarkan pengamatan saya, ekspresi pucuk berwarna dapat dipengaruhi oleh jenis media yang digunakan. Seperti yang terjadi pada Zamio saya di atas menggunakan media pakis menghasilkan pucuk berwarna yang lebih kontras dibandingkan menggunakan media campuran kompos dan tanah ( sama-sama tanaman hasil perbanyakan vegetif dari induk yang sama) yang menghasilkan warna tidak begitu kontras. Waktu perubahannyapun berbeda, penggunaan pakis lebih lama merubah pucuk berwarna menjadi hijau sedangkan penggunaan kompos dan tanah lebih cepat. Selain itu, ketersediaan cahaya matahari juga mempengaruhi. Peletakan tanaman pada tempat bercahaya melimpah menyebabkan pucuk berwarna lebih cepat menjadi hijau dibandingkan peletakan pada tempat bercahaya sedang.

Berdasarkan 2 keadaan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaturan lingkungan tumbuh tanaman pucuk berwarna mempengaruhi penampilannya. Lingkungan yang menyediakan seluruh kebutuhan tanaman untuk menjadi cepat dewasa mengakibatkan pucuk berwarna lebih cepat berubah warna menjadi hijau. Begitu pula sebaliknya, apabila lingkungan tempat tumbuh merupakan lingkungan yang minim untuk syarat pertumbuhan yang optimal, perubahan menjadi hijaupun menjadi lambat.

Anda dapat mendownload file ini untuk dipelajari secara offline:
Download via Rapidshare
Download via Ziddu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: