Tipe Pertumbuhan Anggrek


Tipe Pertumbuhan Anggrek Tipe pertumbuhan anggrek dibedakan menjadi dua yaitu monopodial dan simpodial. Monopodial merupakan tipe pertumbuhan yang terus tumbuh ke atas dan tidak akan berhenti. Tipe ini hanya memiliki satu titik tumbuh (tidak bercabang), ia akan bercabang apabila titik tumbuh tersebut dihilangkan atau rusak.

Anggrek Cattleyaanggrek Vanda

Tipe simpodial merupakan pertumbuhan yang dapat berhenti apabila bulb (batang semu) telah mencapai ukuran maksimal dan kembali membentuk bulb baru di pangkal batang sehingga membentuk rumpun bulb (Rudhy, 2006).

About these ads

5 Responses

  1. mas mau tanya dong, aq bukan maniak anggrel banget sih tp seneng lihatnya dan tdnya aq lumayan punya banyak buat seorang pemula. tp lucunya anggrekku udah lama banget g pernah berbunga. terakhir nyaris 1 thn kali ya gara2 halaman-ku yg minim banget itu diserang bekicot banyak banget
    semenjak itu g pernah berbunga lagi…. padahal aq udah kasih pupuk semprot untuk merangsang pembungaan yg ada banyak tumbuh pucuk baru tp bunganya g keluar2 juga…. caranga gimana y mas….????
    TQ

    • pertama kita pulihin dulu vegetatifnya… yaitu supaya tanaman sehat dulu sehabis terserang bekicot. semprot rutin tiap hari pakai pupuk daun dengan dosis 1 gram per 3 liter… anggap sekalian nyiram aja.. lalu beri vitamin tambahan seperti B1 setiap 2 minggu sekali… kalau daun sudah 5 lebih dan ukuran daun yang baru lebih besar 2 kali dari daun sebelumnya, itu tandanya pertumbuhan bagus. kalau vegetatif sudah baik baru kita rangsang pembungaan. sederhanannya semprotkan pupuk untuk merangsang bunga 1 gram / liter setiap seminggu sekali (pupuk daunnya dihentikan, ganti penyiraman biasa). kita kudu sabar agar berbunga… sekitar 6 bulan baru bisa berbunga…met mencoba… :)

  2. Mas,Ku punya Anggrek ya lumayan banyak beberapa pot gitu,tiap batang Anggrek pasti tumbuh tunas,klo mau di stek kira-kira bisa tumbuh besar seperti induknya gak ya??ku takutnya Anggreknya jd kerdil..lalu pupuk apa yang cocok untuk Anggrek yg di stek??
    Makasih ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: