Tips Membedakan Tanaman Variegata dengan Tanaman Berpenyakit


Pengertian dari variegata / kimera itu sendiri yaitu bagian dari tanaman yang memiliki perbedaan warna dengan warna aslinya / umumnya yang letaknya berdampingan dalam satu bagian tubuh tanaman. Dalam kenyataan di lapang, variegata mengekspresikan bagian tanaman berupa belang atau bercak dengan warna berbeda. Umumnya warna variegata yaitu kuning dan orange dan luasnya tidak dominan, contohnya pada Sanseviera fasciata (lidah mertua hijau-kuning) yang memiliki variegata berwarna kuning pada pinggir daunnya. Namun ada pula variegata yang luasnya dominan bahkan dapat terjadi pada seluruh tubuh sehingga warna yang ditampilkan hanya kuning atau orange saja.

trifasciata masoniana variegata

Sebenarnya bagaimana proses terjadinya variegata? Variegata merupakan hasil dari perubahan genetik / mutasi pada sel-sel tanaman. Mutasi dapat terjadi secara spontan atau dengan buatan. Mutasi yang terjadi spontan sangatlah jarang, kisaran terjadinya 1 : 1000000, sedangkan secara buatan dapat lebih sedikit perbandingannya.

Mutasi yang menimbulkan variegata yaitu perubahan sebagian kecil gen (gen warna) di dalam sel pada titik tumbuh tanaman, sehingga pada perkembangannya sel-sel itu dapat membelah dan semakin banyak. Di sisi lain sel sehat juga berkembang. Kedua jenis sel tersebut sama-sama berkembang hingga membentuk organ seperti daun, ketika itulah daun tersebut dinamakan variegata.

mutasi

Pada perkembangan tanaman, warna variegata tidak selalu dapat tumbuh dengan baik. Bagian ini terkadang kembali seperti semula berwarna hijau. Ada 2 kemungkinan hal ini dapat terjadi yaitu karena sel variegata bersifat mutasi dapat balik (tidak permanent) dan karena sel variegata tidak sempurna / lemah. Sifat lemah variegata mengakibatkannya mudah terserang penyakit / tidak dapat “bersaing” dengan sel sehat dalam mendapatkan suplai makanan, akibatnya sel tersebut mati dan tidak berkembang. Oleh karena itu kita dapat menemukan Lidah mertua hijau-kuning yang kembali berwarna hijau.

Pada dunia tanaman hias, tanaman variegata memiliki nilai lebih dibandingkan yang berwarna biasa. Mungkin karena coraknya yang lebih menarik dan sifat kelangkaannya. Namun jangan terkecoh menentukan tanaman variegata atau bukan, mungkin saja sama-sama memiliki corak warna berbeda dalam satu tanaman ternyata tanaman tersebut berpenyakit atau kekurangan unsur hara.

Ciri yang paling menonjol dari variegata yaitu batas coraknya jelas dan saling terhubung dengan corak di bagian yang lain karena variegata itu sendiri terbentuk dari mutasi sel. Contoh batas yang jelas yaitu pada lidah mertua hijau-kuning, Hedera ivy variegata, Ficus variegata dan lain lain. Coraknya dapat dikatakan mirip seperti batik karena batasnya jelas. Sedangkan perbedaan warna karena penyakit atau kekurangan hara yaitu seperti bercak tumpahan kopi, terdapat tingkatan (gradasi) warna yang berbeda dan tidak beraturan juga tidak saling terhubung antar beberapa bercak. Jika ditemukan bercak yang tidak terhubung, dapat dicurigai itu bukan variegata.

Ciri yang kedua, bercak variegata dapat terlihat hingga ke batang atau paling tidak tangkai dan tulang daun sedangkan yang terserang penyakit hanya terjadi di daun saja (biasanya pinggir daun). Hal ini karena mutasi sel diawali dari pucuk meristem (titik tumbuh) dan terus berkembang hingga membentuk daun. Dengan demikian sel-sel hasil perkembangan itu dapat terlihat di batang, tangkai dan tulang daun, tentu saja kalau yang termutasi berada di permukaan organ.

zamia-variegata

Ciri yang ketiga, apabila tanaman variegata diperbanyak secara vegetatif (tanpa kawin), sifat variegata dapat diturunkan bahkan berpeluang menghasilkan variegata penuh. Contohnya apabila kita melakukan stek daun Lidah mertua hijau-kuning, peluang keturunan yang bisa kita dapatkan yaitu 100% hijau, 50-50% hijau-kuning dan 100% kuning. Sedangkan tanaman berpenyakit dapat dipastikan tidak akan menghasilkan tanaman variegata (mungkin berpenyakit lagi kalau penyebabnya virus).

tiger mutasi

2 Responses

  1. variegata itu ada yg mutasi permanen ga ka??
    kalau aglaonema itu gmn??

    • variegata termasuk mutasi sebagian dan kemungkinannya ada dua, bisa permanen atau balik tergantung dari sel mana yang berkembang.
      aglaonema yang umum bukan mutasi tapi hasil dari persilangan dan sedikit dari aglaonema terjadi mutasi. kalau ingin lebih jelas dan tidak meragukan ada baiknya di teliti lebih lanjut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: