Tips Menghilangkan Kutu Daun Tanpa Pestisida pada Tanaman Hias


Pehobi tanaman hias tentu pernah mengalami tanaman kesayangannya terserang kutu daun, baik Aphis atau kutu kebul. Serangan ini mengakibatkan tanaman tidak indah, selain karena keberadaan kutu-kutu tersebut maupun kondisi yang diakibatkannya (keriting dan berbercak-bercak).

Pemikiran yang mudah terlintas bila menghadapi keadaan ini yaitu “apa ya obatnya?” Namun ternyata penggunaan pestisida menjadi pertimbangan yang tidak mudah. Bahan kimia ini bisa berakibat fatal apabila penggunaan dan penyimpanannya tidak hati-hati. Kita akan was-was terhadap keselamatan keluarga dan binatang kesayangan di rumah.

Berikut ini tips sederhana dan mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu daun tanpa pestisida. Cara ini tanpa menggunakan obat apapun, cukup dengan mematikannya secara manual atau mengambilnya dengan kuas basah. Jelasnya yaitu:

1. Pisahkan tanamaan terserang kutu daun dengan yang sehat

2. Letakkan tanaman terserang pada tempat yang teduh, atau memindahkannya ke dalam ruangan ketika malam. Hal ini membuat kutu daun keluar dari sela-sela pelepah daun. Alasannya karena kutu daun peka terhadap cahaya. Kutu daun akan bersembunyi dibalik daun dan pelepah tangkai daun untuk menghindari cahaya sehingga membuat kita kesulitan membersihkannya.

3. Lakukan pembersihan dengan rutin setiap pagi. Pada pagi hari kutu-kutu daun tersebut masih berada di luar tempat persembunyiannya sehingga memudahkan kita membersihkannya.

4. Lakukan dengan ikhlas cara ini untuk keberhasilan dan kesehatan keluarga.

Sekian tips simpel ini, semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: