Sekilas Tentang Petani Tanaman Hias Ciapus


Ciapus merupakan kecamatan di Bogor yang terkenal sebagai pusat pertanian tanaman hias. Penduduk ciapus khususnya desa Taman Sari sebagian besar memiliki usaha pembibitan (nursery) tanaman skala rumah tangga. Hampir setiap kepala keluarga memiliki saung rumah plastik yang terbuat dari bambu sebagai tempat perbanyakan tanaman hias.

Sejak jaman dulu, Jenis tanaman hias yang dibudidayakan di desa yaitu Suplir dikenal sebagai daerah penghasil Suplir kualitas terbaik. Beragam jenis Suplir dapat ditemui di desa ini dan memiliki nilai komersial yang tinggi. Daerah pemasarannya pun telah luas hingga ke luar jawa. Rata-rata pembeli datang langsung ke tempat produksi lalu mengirimnya ke tempat tujuan.

Jenis yang dibudidayakan tidak melulu suplir selainkan semakin beragam. Tanaman yang terkenal asli dari daerah ini yaitu Begonia. Begonia merupakan tanaman herba yang memiliki banyak bentuk dan warna. Walau Begonia ini termasuk tanaman hias daun, ada juga jenis-jenis yang memamerkan keindahan bunganya.

Saat ini seiring dengan kemajuan industri tanaman hias di Indonesia, jenis yang dibudidayakan semakin heterogen. Banyak tanaman-tanaman jenis baru hasil silangan-silangan putra ciapus itu sendiri atau hasil introduksi. Aglaonema, Anthurium, Euphorbia, Adenium dan Puring yang sempat meramaikan trend tanaman hias Indonesia dapat dijumpai di sini. Oleh karena itu daerah ini bisa dikatakan sebagai sentra tanaman hias yang terkemuka dan bisa dijadikan tempat wisata belanja yang lengkap.

Para petani tanaman hias memiliki keahlian perbanyakan tanaman secara tradisional dan diwarisi secara turun temurun. Teknik yang begitu kental yaitu teknik oven (sungkup). Teknik ini membungkus bahan tanaman yang akan diperbanyak dengan plastik transparan beberapa waktu tanpa dibuka. Cara ini diyakini para petani dapat mempercepat perbanyakan sekaligus memperbesar keberhasilan.

Selain cara oven, petani juga sering menerapkan cara rendam untuk bahan stek. Bahan tanaman yang distek direndam dalam air hingga akar tumbuh. Cara ini dapat meningkatkan keberhasilan stek tanaman herba seperti Begonia, Peperomia, Scindapsus, dll.

Desa Taman Sari dapat dikatakan surganya tanaman hias di Bogor. Beragam jenis, bentuk dan warna tanaman tersedia di sini. Orang yang datang ke daerah ini pun tidak sedikit dari luar kota. Mereka biasanya membeli untuk dijual kembali atau sekedar hobi untuk penghias halaman di rumah. Mereka beranggapan harga tanaman hias di Ciapus relatif murah, tentu saja tergantung jenis, kisaran harganya antara Rp. 5000-15000. Namun ada juga jenis-jenis yang harganya sangat mahal hingga jutaan rupiah.

Semua tersedia, semua adalah pilihan. Jika anda ingin menuju daerah ini, rute dari Terminal Baranangsiang mengambil arah ke Empang kemudian ke arah Ciapus. Dari arah Puncak bisa ambil ke kiri ke Sukasari kemudian ke arah Empang lalu ke Ciapus. Dari arah IPB Darmaga naik angkot jurusan Sukasari turun di Pasar Bogor kemudian naik jurusan Ciapus.

Berkat petani-petani tanaman hiaslah tanaman hias makin maju, berkat mereka pulalah bumi tidak hanya hijau tapi berwarna-warni. Dan berkat mereka yang masih eksis di bidangnya semoga menyadarkan kita pentingnya tumbuhan bagi dunia, paling tidak untuk kesegaran udara di keluarga kita sendiri.

Rawat tanamanmu sendiri!! GO GREEN..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: