Tips Aman Meninggalkan Tanaman Hias Pulang Kampung


Mendekati masa-masa liburan terkadang kita dibuat pusing oleh tanaman hias kesayangan kita dan kita harus meninggalkan mereka pulang kampung. Setidaknya kita akan memikirkan keadaannya ketika ditinggal di rumah tanpa ada yang merawat. Takut kalau-kalau tanaman kita mati karena tidak mendapat cukup air, terlebih tanaman tersebut memiliki sejarah atau memiliki nilai yang tidak sedikit.

Jangan dulu khawatir, dengan sedikit tips dan trik tanaman kita akan baik-baik saja. Ada beberapa cara yang disa digunakan yaitu:

1. Memberi Alas Berair pada Pot

Cara ini cukup efektif untuk memenuhi kebutuhan air apabila waktu meninggalkan tanaman tidak terlalu lama. Caranya cukup simpel yaitu mangkuk atau piring yang diisi air kemudian pot tanaman kesayangan kita diletakkan diatasnya. Ketersediaan air bagi tanaman tergantung dari banyaknya jumlah air dalam mangkuk atau piring, semakin banyak semakin lama air akan tersedia bagi tanaman.

aman04

Peletakan tanaman dapat di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan syarat kebutuhan cahaya terpenuhi. Perlu diperhatikan apabila diletakkan di luar ruangan yaitu teriknya sinar matahari dapat mempercepat penyusutan air dalam mangkuk akibat penguapan. Peletakan di luar cukup baik apabila ada kemungkinanan hijan beberapa hari ke depan.

Selain peletakan, jenis tanaman juga perlu diperhatikan. Cara ini hanya untuk tanaman tahan lembab atau dari jenis-jenis berbatang lunak (herba) seperti Aglaonema, Scindapsus, Monstera dll. Khusus tanaman tahan kering seperti kaktus jangan menggunakan cara ini, cukup diletakkan di dalam ruangan atau teras akan tahan selama 2 minggu.

2. Sistem Tetes

Cara ini efektif apabila tanaman hias ditinggal lebih lama. Caranya yaitu letakkan penampungan air seperti botol air mineral atau gentong dan drum lebih tinggi dari letak tanaman. Pasang selang diameter ukuran kecil pada dasar penampung air. Atur lubang pembuangan pada selang agar air yang keluar berbebtuk tetesan. Arahkan tetesan air pada pot-pot tanaman yang akan kita tinggal.

Peletakan tanaman sebaiknya di luar rumah. Tanaman dapat tumbuh dengan normal dan air tersedia dengan baik. Kebutuhan air disesuaikan dengan ukuran penampungan, semakin besar penampungannya jangka waktu air akan tersedia semakin lama.

aman03

Jenis tanaman untuk cara ini semua jenis bisa. Kita hanya perlu mengatur jumlah air yang keluar dari penampungan. Air lebih deras kalau tanaman lebih besar dan butuh banyak air.

3. Sungkup

Cara ini cocok untuk meninggalkan tanaman yang waktunya tidak jelas. Terkadang kita tidak mengetahui sampai kapan kita berada di kampung halaman. Cara ini membentuk siklus udara dan air di dalam sungkup. Air yang menguap akan kembali jatuh ke media dan siklus udara hasil dari fotosintersis dan respirasi memenuhi kebutuhan udara.

Caranya yaitu:

1. Siram tanaman hingga jenuh

2. Letakkan tanaman di atas batu dengan posisi miring (terganjal di satu sisi dasarnya) agar air keluar dari lubang pembuangan pot.

aman01

3. Letakkan tanaman di teras selama 5-10 jam (tergantung diameter pot) supaya kandungan air di media tidak terlalu jenuh.

4. Masukkan tanaman ke dalam plastik transparan kemudian ikat (namanya sungkup). Pilih plastik yang tidak terlalu besar atau kecil atau sesuaikan dengan diameter pot.

5. Letakkan tanaman bersungkup di tempat yang cukup cahanyanya.

aman02

Perlu diperhatikan yaitu media tidak boleh terlalu basah (poin 2-3 untuk mengurangi kadar air media) apalagi masih menetes karena akan menimbulkan pembusukan. Selain itu cara ini dapat merubah bentuk penampilan tanaman apabila terlalu lama, yaitu etiolasi (pemanjangan tubuh tanaman). Bagian tanaman (biasanya daun) akan menjadi panjang-panjang tidak proporsional. Untuk mengurangi efek etiolasi, dianjurkan penempatan tanaman ditempat yang bercahaya cukup, tetapi jangan di bawah sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan daun terbakar (sunburn) akibat efek lup uap air.

anda ingin mempelajari artikel ini secara offline, anda bisa download di bawah ini:

Download via Rapidshare
Download via Ziddu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: