Bedding Plants


Coleus

Coleus merupakan salah satu jenis tanaman hamparan yang termasuk dalam family Lamiaceae. Coleus adalah tanaman yang suka tumbuh pada tempat dengan cahaya yang terang, cukup, berada pada suhu antara 60° – 65°F (15° – 18°C), dan tidak akan tumbuh pada suhu di bawah 55°F (13°C). Tanaman ini memerlukan banyak air ketika tumbuh bila berada pada musim panas dan kadang-kadang akan mengeluarkan airnya melalui permukaan daun ketika terlalu banyak air.

Tanaman Coleus membutuhkan nutrisi tiap minggu selama musim pans jika kondisinya sehat dan kokoh, tetapi hanya sekali atau dua kali selama musim dingin. Jika tanaman ini sakit, maka perlu diberikan pencahayaan yang cukup, temperature yang cukup hangat, serta menghindarkannya dari air.

Fittonia

Tanaman ini juga dikenal dengan nama tanaman mosaic atau kulit ular dan membutuhkan pencahayaan yang cukup. Suhu yang sesuai untuk tanaman ini adalah antara 65° – 70°F (18° – 21°C) dan tidak akan tumbuh baik pada suhu di bawah 55°F atau 13°C. Tanaman ini dapat tumbuh pada tempat yang lembab, cahaya cukup, dan suhu yang hangat. Tanaman Fittonia dapat dimanfaatkan sebagai tanaman indoor, terrarium, atau tanaman dalam botol.

Pemeliharaan tanaman ini dapat dilakukan dengan menyimpannya dalam tempat yang lembab dan dapat juga dengan diberi pupuk kompos yang bertujuan untuk mengurangi kelebihan air. Fittonia membutuhkan nutrisi dalam dua minggu hanya sekali pada musim panas, sedangkan pada musim dingin membutuhkan nutrisi sekali atau dua kali. Tanaman ini terdiri dari dua jenis yang berbeda, yaitu: Fittonia gigantea dan Fittonia verschaffeltii argyroneura ‘Minima’. Fittonia gigantea memiliki daun-daun yang lebih besar dengan warna pembuluh daun merah muda, sedangkan Fittonia verschaffeltii argyroneura ‘Minima’ memiliki daun-daun yang lebih kecil, berurat, dan berwarna putih.

Impatiens

Impatiens adalah salah satu tanaman hamparan yang termasuk dalam famili Balsaminaceae. Tanaman ini tumbuh baik pada tempat dengan cahaya tidak langsung dan suhu yang sesuai adalah antara 60° – 70°F atau 15° – 21°C. Pada suhu di bawah 55°F atau 13°C, tanaman ini dapat toleran tetapi tidak menyukai pada suhu yang lebih tinggi dari suhu optimum. Tanaman ini lebih suka tumbuh pada lingkungan yang kering dan tidak lembab. Ketika sedang aktif tumbuh, Impatiens membutuhkan nutrisi hanya sekali dalam dua minggu pada musim panas, sedangkan pada musim dingin membutuhkan nutrisi cairan yang seimbang.

Salah satu kultivar tanaman ini, Impatiens walleriana yang berasal dari Tanzania dan Mozambique dapat tumbuh baik dengam bunga yang berwarna merah muda, putih, dan orange. Kultivar Impatiens yang lain yaitu New Guinea Hybrids dapat tumbuh secara luas, bunga yang lebih eksotis, daun yang berwarna merah, atau warna dengan tipe variegate. Tanaman tersebut membutuhkan kelembaban yang baik dan dihindarkan dari temperature yang tinggi.

Kalanchoe

Kalanchoe blossfeldiana Poelln. adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam famili Crassulaceae dan berasal dari Madagaskar. Tanaman ini adalah herba yang glaborous, sukulen, dan berkembang menjadi jaringan kayu. Tanaman tersebut membutuhkan cahaya yang cukup untuk pertumbuhan yang kokoh dan inisiasi pembungaan. Suhu yang sesuai untuk tanaman ini adalah 60° – 65°F atau 15° – 18°C.

Tanaman ini memiliki susunan daun yang tersusun secara bersilangan dengan panjang 1 – 3 inci dan berwarna hijau. Untuk pemeliharaannya dapat dilakukan dengan cara memberikan pupuk kompos yang bertujuan untuk mengeluarkan kelebihan airnya. Kalanchoe blossfeldiana adalah tanaman yang dapat menghemat air pada musim dingin dan jika musim dingin tiba, tanaman ini dapat berbunga.


Download artikel ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: