Sekilas Tentang Diriku

DSCF3445

Nama lengkap saya Rachmatullah. Saya dilahirkan di Jakarta pada tahun 1983 dari pasangan Munidin dan Wijiyanti. Menyelesaikan pendidikan dasar di Jakarta, saya kemudian hijrah ke Pekalongan dan menyelesaikan SLTP dan SLTA di sana. Tahun 2002 saya melanjutkan pendidikan S1 di perguruan tinggi pertanian di Bogor selama 7 tahun dengan judul skripsi ”Penggunaan Hyponex dan Bubur Pepaya dalam Pembesaran Planlet Anggrek Dendrobium Kanayao secara in Vitro dan Perlakuan Media Aklimatisasi”.

Selama menjadi mahasiswa saya pernah menjadi pembicara kewirausahaan mahasiswa di Tingkat Persiapan Bersama tahun 2003 (TPB40), pembicara pelatihan Terrarium Himpunan Agronomi dan Hortikultura (Himagron) untuk sekolah dasar dan mahasiswa, serta sebagai penyaji terbaik Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS XVII) di Padang tahun 2005 bidang kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat dengan subjek Boneka Rumput Horta.

Di sela-sela perkuliahan saya menekuni tanaman hias. Saya selalu haus akan semua hal yang berbau tanaman hias, karenanya saya tidak merasa puas hanya dengan teori yang didapat di perkuliahan. Saya selalu memadukan ilmu dan pengetahuan untuk menemukan jawaban suatu permasalahan. Saya selalu mempraktekkan rasa penasaran saya yang tidak terjawab di perkuliahan. Oleh karena itulah saya memiliki beragam jenis tanmaan hias yang unik dan menarik.

Tanaman pertama yang saya pelihara yaitu beringin sebagai bonsai ketika saya masih SLTP, kemudian anggrek bulan dan berlanjut ke tanaman jenis lain. Saya suka melakukan eksperimen perbanyakan tanaman hias, banyak yang gagal dan banyak pula yang berhasil. Semua kegagalan adalah pelajaran dan keberhasilan adalah pengetahuan bagiku.

DSCF3538

Di luar kemahasiswaan saya menekuni dunia kewirausahaan. Banyak jenis usaha yang telah saya cicipi, mulai dari jualan donat keliling, pakaian batik, makanan kecil, pupuk dan yang paling lama yaitu usaha tanaman hias. Harapanku ingin memiliki saung perbanyakan sendiri hasil dari jerih payahku sendiri.

Saat ini saya bekerja sebagai wirausaha bidang pupuk, tidak jauh dari tanaman hias. Bersama seorang dosen dari Fakultas Kehutanan IPB, Dr Ir Elis Nina Herliyana Msc. dan Ir Deden Hidayatullah, kami mengembangkan produk pupuk organik, hormon tanaman dan pengkilap daun ”Semir Daun” di bawah naungan PT. Yetta Agroloka.

Selain mengelola blog ini, saya juga mengelola blog http://www.rachmatullah83.wordpress.com sebagai ekspresi dari beragam hobbi dan kecintaan terhadap pengetahuan.

3 Responses

  1. Salam kenal..
    saya juga mahasiswi IPB ank 36, tapi bagian komputer, jadi ga terlalu ngerti seni merawat bunga.
    Akhir-akhir ini, pengen memelihara anggrek. Jika berkenan, bolehkah saya nanya2.. ^_^

  2. Anda punya pengalaman yg komplit dalam berwira usaha…sukses untuk Anda..

  3. mas Rachmad semoga kesuksesan selalu menyetai anda….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: